Minggu, 04 Maret 2012

pengertian gulma menurut para ahli


Nama                          : Yoyok
jur/kls                        : agroteknologi / a
Tugas Individu          : Ilmu Gulma

Pengertian gulma berdasarkan beberapa ahli

1.      Gulma adalah tumbuhan pengganggu yang nilai negatif apabila tumbuhan tersebut merugikan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung dan sebaliknya tumbuhan dikatakan memiliki nilai positif apabila mempunyai daya guna manusia. menurut (Mangoensoekarjo (1983)

2.      Pengertian gulma adalah tumbuhan yang tumbuh tidak sesuai dengan tempatnya dan tidak dikehendaki serta mempunyai nilai negatif. menurut sutidjo (1974)

3.      Gulma merupakan tumbuh-tumbuhan yang tumbuh pada tempat yang tidak diinginkan sehingga menimbulkan kerugian bagi kehidupan manusia. Kerugian yang ditimbulkan antara lain pengaruh persaingan (kompetisi) mengurangi ketersediaan unsur hara tanaman mendorong efek alelopati (Nasution,1986).

4.      Gulma didefinisikan sebagai tumbuhan yang tumbuh pada tempat yang tidak diingikan oleh manusia. Dengan demikian apa saja yang termasuk tanaman budidaya ,dapat dipandang sebagai gulma apabilah tumbuh pada tempat yang tidak diingkan.Tumbuhan yang lebih lazim sebagai gulma biasanya cendrung mempunyai sifat-sifat atau ciri khas tertentu yang memungkinkanya untuk mudah tersebar luas dan mampuh menimbulkan kerugian dan ganmgguan (Anderson, 1977).

5.      Gulma yatu tumbuhan liar yang dapat berkembang biak secara vegetatif maupun generatif dan biji yang dihasilkan secara vegetatif maupun generatif adalah dengan hizoma,stolon,dll. Pembiakan melalui spora umumnya dilakukan oleh bangsa pakisan sedangkan pembiakan biji dilakukan oleh bangsa gulma semusim atau tahunan, (Sukman dan Yakub,1995).

6.      Soerjani (1998) dalam Sukman dan Yakup (1991) mendefinisikan gulma sebagai tumbuhan yang peranan, pitensi, dan hakikat kehadirannya belum sepenuhnya diketahui.

7.      Gulma merupakan pesaing alami yang kuat bagi tanamanbudidaya dikarenakan mampu memproduksi biji dalam jumlah yang banyak sehingga kerapatannya tinggi, perkecambahannya cepat, pertumbuhan awal cepatdan daur hidup lama (Ashton dan Monaco, 1991).

8.      Sifat gulma umumnya mudahberadaptasi dengan lingkungan yang berubah dibandingkan dengan tanamanbudidaya. Daya adaptasi dan daya saing yang kuat merupakan sifat umum gulma (Tjirtosoedirdjo et. al., 1984)

9.      Tumbuhan yang bepotensi sebagai gulma cenderung mempunyai cii tetentu yang memungkinkan untuk mudah tesebar luasdan mampu maenimbulkan ganguandan kerugian (Hasution 1986, )

10.  Suatu tumbuhan yang tumbuhnya salah tempat (Beal Cicit, Soejani, 1987)

11.  Suatu tumbuhan yang tumbuhnya tidak dikendaki oleh manusia (Soerjani 1974; theo 197; Tjitosoedirdjo alet al 1984)

12.  Suatu tumbuhan yang manfaatnya belum diketahui (soerjani, 1974)

13.  Tumbuhan yang keberadaanya dapat menimbulkan gangguan dan kerusakan bagi tanaman budidaya maupun aktifitas manusia dalam mengelola usaha taninya. (kustono, 2004)

14.  Gulma adalah segala tanaman yang tumbuh pada tempat yang tidak diinginkan. Bunga mawar pun, jika tumbuh di tengah sayuran juga termasuk Gulma. Kebanyakan Gulma adalah tanaman yang cepat tumbuh dan dapat menghasilkan sejumlah besar biji dalam waktu singkat. (yakup 1994 )



            
                                            

7 komentar: